alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei: Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi, Kecuali FPI
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8b07b12f568d6f30304721/survei-mayoritas-ormas-islam-dukung-jokowi-kecuali-fpi

Survei: Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi, Kecuali FPI

Survei: Mayoritas Ormas Islam Dukung Jokowi, Kecuali FPI
Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menyatakan mayoritas ormas Islam mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Dari hasil survei, sebanyak 52,2 persen kalangan Nadhlatul Ulama memilih Jokowi-Ma'ruf. Sementara 38,8 persen sisanya memilih paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan, perolehan suara itu diambil 40,2 persen dari total 1.200 responden yang disurvei. Jumlah 40,2 persen itu merupakan hasil responden yang merasa menjadi bagian anggota atau sekadar simpatisan NU.

"Hasilnya mayoritas NU memilih Jokowi-Ma'ruf. Namun perolehan angka untuk Prabowo-Sandi juga cukup tinggi," ujar Veri saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Rabu (13/3).


Sementara 46,2 persen kalangan Muhammadiyah juga memilih Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan sisanya 31,3 persen memilih Prabowo-Sandi. Hasil itu diperoleh 6,4 persen dari total responden yang merasa menjadi bagian anggota atau sekadar simpatisan Muhammadiyah.
Lihat juga: Survei Internal BPN Klaim Prabowo-Sandi Kuasai Jawa

Sebanyak 66,7 persen kalangan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) juga memilih paslon nomor urut 01. Sementara 33,3 persen sisanya memilih Prabowo-Sandi.

"Suara mayoritas untuk Prabowo-Sandi berasal dari ormas Persis, FPI, dan Alkhairaat," katanya.

Dari hasil survei menunjukkan 83,3 persen kalangan FPI memilih paslon nomor urut 02. Sementara tidak ada yang memilih Jokowi-Ma'ruf dan 16,7 persen tidak memilih. Hasil itu diperoleh dari 0,6 total responden yang merasa bagian anggota atau sekadar simpatisan FPI.

Untuk Persis, lanjut Veri, dari 0,3 persen responden sebanyak 66,7 persen memilih Prabowo-Sandi dan 33,3 persen memilih Jokowi-Ma'ruf. Sementara Al Khairaat dari 0,1 persen responden sebanyak 100 persen memilih Prabowo-Sandi.
Lihat juga: Jokowi: Hasil Survei di Jabar Sudah Menang, Tapi Tipis Banget

Peneliti LIPI Syamsudin Haris melihat hasil survei di kalangan NU dan Muhammadiyah ini sebagai fenomena yang cukup menarik. Selama ini, kata dia, asumsi pilihan warga Muhammadiyah cenderung ke Prabowo-Sandi. Namun dari hasil survei menunjukkan lebih banyak yang memilih Jokowi-Ma'ruf.

"Begitu sebaliknya, NU juga ternyata tidak dominan (memilih Jokowi-Ma'ruf)," ucapnya.

Syamsudin menilai, hasil survei tersebut dapat menjadi peluang bagi tim kampanye Prabowo-Sandi untuk meraup suara lebih banyak di kalangan Nahdliyin. "Supaya dukungan Prabowo-Sandi ini meningkat di Jawa, karena kan konstelasi Nahdliyin ini banyak di Jawa," kata Syamsudin.

Survei ini dilakukan pada 17-24 Februari 2019 di 34 provinsi dengan sampel sebanyakh 1.200 responden. Sampel dipilih menggunakan metode acak bertingkat dengan margin error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden merupakan warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun atau lebih dan punya hak pilih dalam pemilu mendatang.

Konsepindo merupakan lembaga survei yang diklaim telah dibentuk sejak tahun 2008. Lembaga survei ini beberapa kali telah melakukan survei di tingkat pilkada Sumut, Sulsel, Riau, Banten, dan sejumlah wilayah lain.


Sumber Berita : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...wi-kecuali-fpi 

Udah keliatan kan kalau gini, siapa yang peduli kemaslahatan umat sama peduli dengan 1 ormas doang, eh fekaes kok gak sekalian yah, partai agama menghalalkan segala cara...

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
fpi Fartainya Prawowox Indonesia emoticon-Leh Uga
gw masih ngakak inget video pengawalan prabowo di mall kemaren..
fpi nggak akan dukung penguasa sebelum imam besarnya dilegitimasi jadi seindonesia.
Persis kaga

Garbi Kaga

Itu ormas bentukan baru abis HTI dibubarin juga kaga


Mayoritas ormas islam radikal yg ga dukung si krempeng
mayoritas? hahaha NU koplok aja kaleee......
TS bangkenya bisa sholat sendiri
emoticon-Ngakak
survey kaskus gak ada nih? 80% lah di tangan emoticon-Leh Uga
Coba survey di Gereja Bethel kelapa gading Jakarta, ane yakin 98% Wowo menang emoticon-Angkat Beer
Berarti harusnya
"semua ormas islam dukung Jokowi, kecuali FPI"

kalo mayoritas doang berarti selain FPI adalagi yang tidak dukung jokowi dong
Sy lumayan kagum sm ilmu statistik. 1200 orang dianggap bisa mewakili puluhan juta orang.
baguslah ormaskan niatnya kan cari uang emoticon-Traveller entqh di kubu mana sama saja
Diubah oleh ferina.
sudah jelas dong si ciwok dapat dukungan penuh dari fpi
Kenapa gak suru ormas2 radikal tsb pura2 dukung jokowi ?

Pasti bakal gembos deh suara jokowi

Gk pernah ada yg kepikiran ide kya gt ?
Quote:

Berterimakasih lah kepada bapak statistik dunia emoticon-Big Grin

Hasil seperti ini contohnya quick count


Asumsi tu survey gk memihak cem puskaptik emoticon-Big Grin
Balasan post djinggo88
wah ide gila nih tapi original
Quote:



emoticon-Imlek
Balasan post crotafterespon
aneh...gua heran..ini ormas fpi pan gak ada apa2nya dibanding NU..tapi parte sekelas PDIP nyari dukungan dibelakang layar? :amazing
Siapapun yg didukung fpi bakalan kalah terus emoticon-Cool


yang dukung termasuk emak2 militan. emoticon-Imlek
Partai kampret sejahtera dan partai amanat nasbung kok nggak dimasukin skalian emoticon-Leh Uga
Diubah oleh natsuki7
ya lah. sudah jelas kok. mereka gak mau ditipu lagi. ternyata yang kemarin mereka dukung ternyata tak sesuai harapan mereka. jadi imam sholat tak bisa, ditantang membaca secara terbuka tak ada nyali dengan alasan sibuk dan lainnya, adab pun tak sesuai harapan.
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di