alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Kalahkan Amerika Serikat Posisi Kebiasaan Membaca Terlama Lho
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8ae321018e0d472503830e/indonesia-kalahkan-amerika-serikat-posisi-kebiasaan-membaca-terlama-lho

Indonesia Kalahkan Amerika Serikat Posisi Kebiasaan Membaca Terlama Lho

Suara.com - Indonesia Kalahkan Amerika Serikat Posisi Kebiasaan Membaca Terlama Lho.

Gerakan membaca buku selalu digaungkan berbagai pihak. Namun di era melek teknologi seperti sekarang, kebiasaan membaca buku seringkali tergeser dengan kebiasaan menggunakan media sosial.

Nah kabar baiknya Indonesia menempati urutan ke-16 dari 32 negara dengan kebiasaan membaca buku terlama, yakni enam jam sehari. Disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando angka ini tergolong menggembirakan karena Indonesia mengalahkan negara lain seperti Spanyol, Amerika Serikat bahkan Jepang.

"World Reading Habit disurvei 4 lembaga Unesco mengungkapkan bahwa Indonesia berada di urutan 16 dari 32 negara. Lebih baik dari Jepang, Korea, Jerman. Nomor 1 India dengan rata-rata membaca selama 10 jam 42 menit dan disusul Thailand 9 jam 24 menit," ujar Syarif di sela-sela pembukaan Rakornas Bidang Perpustakaan, di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Syarif menambahkan, saat ini bangsa Indonesia sedang berjuang untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Salah satunya bisa dicapai dengan meningkatkan indeks literasi.

"Pasca kemerdekaan jumlah penduduk yang bisa baca hanya dua persen sampai Bung Karno jalan kaki dari Blitar ke Tulungagung untuk mengajari orang membaca. Makanya dalam setiap kesempatan beliau menyampaikan perbedaan negara maju dengan negara terbelakang cuma ada satu yaitu kegemaran membaca," imbuh Syarif.

Ia mengatakan bahwa tingkat literasi suatu bangsa mempengaruhi bagaimana sumber daya manusia didalamnya dalam menciptakan barang dan jasa. Negara yang maju kata dia memiliki potensi luar biasa yang tak lepas dari kegemaran membaca buku.

Dalam Rakornas ini, Syarif mengajak seluruh ahli perpustakaan untuk saling berjibaku dalam membangun perpustakaan di daerah. Daerah yang sudah maju perpustakaannya diharapkan dapat berbagi pada daerah lainnya untuk mereplika keberhasilannya.

"Rakornas adalah forum berharga untuk tukar informasi untuk perkembangan perpustakaan di Indonesia. Tentu saja saat ini sebagai lembaga baru di daerah, dari 2016 masih ada 32 kabupaten kota yang belum terbentuk kelembagaan. Ada yang karena terbatasnya APBD dan ada yang karena terbatas SDM," ujar dia.

Syarif berharap gubernur mengalokasikan dana daerahnya untuk membangun perpustakaan. Menurutnya, perpustakaan sebagai pusat literasi tidak akan terwujud jika daerah tidak mempedulikan pentingnya pemeliharaan, pemanfaatan perpustakaan terutama di desa dan daerah perbatasan.

"Jangan bicara kualitas SDM kalau tidak bicara soal baca. Jangan bicara soal baca jika perpustakaannya tidak mampu menjangkau masyarakat," tandas dia usai menyebut Indonesia urutan ke 16 dalam kebiasaan membaca terlama di dunia tersebut.

https://m.suara.com/lifestyle/2019/0...ca-terlama-lho

Indonesia lebih maju dan hebat daripada amerika emoticon-Selamat emoticon-I Love Indonesia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Ini surpei pegimana ya?
Gua bertahun baca buku ga pernah ada org dateng ujug2 nyurpei.
Gua yakin gua yakin ini......
Iyalah, yg dibaca broadcast hoax
Quote:


Bisaan aja gan emoticon-Ngakak

kalau orang amerika bacanya apa ya?

Kalau orang jepang suka baca komik emoticon-Angel
Quote:


Apanya yang yakin gan? emoticon-Angel
Baca stensilan....
Quote:



Yakin aja Jepang hebat....emoticon-Shakehand2

Quote:


Jepang bangsa yang maju pekerja keras emoticon-Angel
emoticon-Ngakak

ini contoh berita yg masuk akal dan dpt dipercaya
negara maju bacanya sudah ebook bukan buku
Quote:


tidak juga, di usa jerman dan jepang masih suka buku fisik kok gan emoticon-Angel

baca buku enny arrow pantes betah emoticon-Hammer2
baca buku?

ga yakin gua

klu baca status medsos berjam2 baru bener

emoticon-Cape d...
Quote:


Iye, tergantung buku bacaannya apa.

Kalau di Indonesia sih, lebih laku novel ketimbang buku2 pengetahuan. Dari harga nya aja udah ketahuan kok, buku novel lebih murah daripada buku pengetahuan. Padahal di negara2 macam China dan India, buat merangsang penduduknya suka baca buku, tuh buku harganya disubsidi jadi murah.
Quote:


Kalau orang jepang sukanya baca komik gan emoticon-Hammer2
Quote:


Bisa aja gan hehe emoticon-Angel
yakin nih?
tapi lamanya karena kuantitas atau karena susah memahami isi yg dibaca??
Quote:


Kalau orang jepang selain membaca komik, juga suka ke perpustakaan untuk membaca apapun emoticon-Angel
oh buku macem ranjang 2 tumpuk, geliat koran merapi, cewe tinggi berlari

ya banyak si klo gitu dan lama dan.bergambar
Quote:


Buku apa tuh gan? Belum pernah baca
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di